berkendaraan motor di Jepang BUKAN untuk CEPAT sampai.

ini terasa saat saya ‘merubah’ SIM A Indonesia ke ‘SIM A’-nya Jepang.

Prosedurnya gampang2 susah, namun yang membuat jengkel saat test praktek.

referensi resmi SIM Jepang di sini

Prosedur awalnya SIM A kita ditranslate ke Jpn oleh badan yang berwenang JAF (Japan Automobile Federation) (biaya 3.000 yen, kurs 1 yen = Rp. 100).

SIM A_1 coret

Gambar 1. SIM A saya.

JAF coret

Gambar 2. Terjemahan SIM A oleh JAF

Kemudian kita bawa bersama berkas2 pendukung lainnya ke kantor ujian SIM (Nihon Menkyou).  Sebelum dinyatakan siap mengikuti ujian SIM, berkas di cek. Bayar pendaftaran (Nihon Menkyou no  kirikae) sebesar 2.200 yen.

Berkas-berkas persyaratan :
– translation dari JAF (Gambar 2),
– SIM A asli (Gambar 1),
– foto 2,4 x 3 sebanyak 2 lembar.
– Juumin-hyou (living certificate, diurus di Kuyakusyo, biaya 300 yen) (Gambar 3).
– ID card (Alien registration)
– student card
– passport.
– mengisi 2 lembar formulir (Gambar 4 & 5).

 

Juumin-hyou coret

Gambar 3. Juumin-hyou

[3] formulir 1 coret

Gambar 4. Formulir isian untuk merubah SIM A Ina ke SIM Jpn

[4] formulir 2

Gambar 5. Formulir isian 2.

[5] sewa mobil

Gambar 6. Tiket sewa mobil untuk ujian praktek … he he saya ujian hingga 5 kali.

[6] track practice

Gambar 7. track untuk ujian.

PERTAMA, CEK USIA SIM A kita. SIM A kita harus berusia MINIMAL 3 bulan saat kita tiba di Jpn. SIM A saya terbit Sept 2009, saya masuk Jpn Okt 2011, jadi usia SIM A saya 2 tahun 1 bulan, jadi berdasarkan usia SIM, lolos.

KEDUA, WAWANCARA. Wawancara ‘bagaimana kita mendapatkan SIM A kita’, karena org Jpng tahu ada beberapa negara yang ‘mudah sekali’ menerbitkan SIM. Alhamdulillah, saya mendapatkan SIM A, terlebih dahulu dengan kursus mengemudi, test warna & simulasi … jadi prosedur yang saya lakukan benar.

Setelah cek berkas OK, barulah dimulai test.

TEST PERTAMA adalah test mata. Test mata meliputi warna (merah,hijau,kuning) & jarak pandang.

TEST KEDUA adalah test tulis. teori tentang berkendaraan di Jepang. 10 soal, dinyatakan lulus bila minimal benar 7. Test ini mudah, contoh soal ada di website, hanya untuk mengetahui peserta ujian mengerti aturan lalu lintas di Jpn.

TEST KETIGA adalah test praktek (lintasan seperti dlm gambar 7). naahhh ini yang bikin sebel & gregetan. sekali test praktek, kita sewa mobil seharga 1.550 yen (tiket sewa mobil, Gambar 6). Dalam test praktek ada 3 org dalam mobil, peserta ujian, penguji duduk di dpn sebelah peserta ujian (memberi aba2 kapan belok ke kiri-kanan), seorang duduk di belakang (selama ujian org ini diam, seolah2 untuk ‘merasakan kenyamanan’ bhw peserta ujian bisa mengendarai mbl, & yg pasti utk menghindari praktek suap !!, bayangkan kalau saat ujian cuma ada peserta ujian & penguji saja).

Dalam foto tiket sewa mobil ada 5, berarti saya mengikuti ujian praktek selama LIMA KALI !!! baru dinyatakan lulus … 🙁 …. mobil yang saya pakai mobil manual … bayangkan saja untuk SETIAP ujian saya harus bayar : pendaftaran (2.200) + sewa mobil (1.550)… setelah lulus bayar cetak SIM 2.050.

saya gagal ujian BUKAN karena saya tidak bisa nyetir mobil, tetapi orang Jepang benar2 teliti, HARUS SESUAI DENGAN TEORI. Mulai dari buka pintu mobil, duduk utk memulai nyetir, tidak psg sabuk, salah (SALAH berarti TIDAK LULUS !! ngulang lagi, bayar 3.750 lagi .. :)), saat STOP harus benar2 berhenti sekian detik, jalan sedikit saja, salah, pandangan tidak tolah-toleh kiri-kanan .. salah. Saat belok di pertigaan tanpa tanda STOP, mobil TIDAK BOLEH berhenti, tetapi jalan sedikit. Saat belok di perempatan, tidak boleh cepat, pandangan harus melihat penyebrang jalan, karena di Jpn prioritas adalah penyeberang jalan. Saat belok ke kiri, mobil hrs mepet ke kiri … dst … dst …. sekali lagi MEREKA TELITI & HARUS SESUAI TEORI !!!

   [7] SIM coret

Gambar 8. SIM mobil saya … berlaku hingga 29 April 2016.

Jadi jangan heran kalau di Jpn, wanita LEBIH CEPAT/MUDAH lolos ujian SIM daripada pria. Mungkin karena wanita lebih telaten & sabar dalam berkendara motor …. 😉

pesan disini :

KEAMANAN & KENYAMANAN adalah tujuan berkendaraan motor. Terutama saat musim dingin & ada anak balita !!. Bila ingin CEPAT, disarankan naik kendaraan umum (BUS, KA) karena kendaraan umum datang & tiba di tempat SESUAI JADWAL !!! .. kalau meleset paling maksimal 2 menit !!

ooh ya, satu lagi yang menarik. Biaya ujian SIM sepeda motor LEBIH MAHAL dari ujian SIM mobil. Biaya SEKALI UJIAN SIM sepeda motor 4.600 yen, sedang SIM mobil 3.750 yen … 😉  …

selamat beraktifitas … …

copas anjuran klasik : berhati-hatilah dalam perjalanan anda, keluarga anda menunggu di rumah …

This entry was posted in education, life style, rule. Bookmark the permalink.